Rabu, 16 Januari 2013

SOREM (Study On Rural Empowerment)

foto bareng pak RT sebelum balik ke Sleman
di Pantai Baru

       Jadi pingin balik ke sana lagi. Meskipun yang ikut SOREM cuma dari fapet ama faperta, selaku pelaksana. Padahal yang diajakin se-cluster agro. Tapi yang ikut cuma beberapa doang. Ya tapi gak masalahlah, kegiatannya tetep seru kok. Berangkat dari Jumat sore, balik Minggu siang (14-16 Desember 2012).
          Itu foto-foto waktu jalan-jalan ke Pantai Baru hari Minggu pagi sekalian sarapan di sana. Yummy, sarapan ikan bakar, teh, jeruk, plus degan alias kelapa muda. Manteb bener gak tuh. Wahaha..... :D. Sayangnya foto-foto pas nyantap ikan bakar masih ada di panitia. Hehehe... (^.^)v. Pokoknya selama hidup di sana, dijamin gak bakalan kelaperan deh. Makmur tenan. Sehari ama ortu asuh dikasih makan 3x sehari. Padahal sebelum berangkat udah pada sarapan di rumah ortu asuh masing-masing.
 










           O ya, hampir lupa. selama kegiatan SOREM, kita orang pada tinggal di rumah warga alias jadi anak asuh selama kegiatan di sana. Tentunya panitia gak hanya nitipin kita orang ke mereka gitu aja, masing-masing ortu asuh pada dikasih sembako kok supaya mereka gak terbebani dengan kita. Warga di sana bener-bener ramah, berpikiran terbuka untuk ngembangin desa mereka. Terbukti ketika sesi diskusi antara warga dan dosen pertanian untuk bahas masalah-masalah pertanian di desa sana.



kalau ini foto waktu acara pengobatan gratis

           Puas seru-seruan di Pantai Baru, kita orang lanjut perjalanan ke kandang-kandang sapi, kambing milik warga. Kandang-kandang warga memang sengaja ditempatin di lokasi khusus. Tapi, ternak-ternak warga gak bercampur jadi satu dengan ternak warga yang lain. Tiap keluarga punya kandang masing-masing. Cuma, kandangnya aja yang saling berdampingan dengan kandang warga yang lain. Di sana juga udah ada tempat pengolahan biogas juga lho....


ni foto di tempat pengolahan biogas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar